Kamis, 18 September 2014

contoh drama



contoh naskah drama. bagi yang butuh, ini cocok banget sebagai panduan atau contoh dari drama, 

 
Naskah Drama
Kelompok 1



kelas XI Ilmu Alam 2



“Maison, Countdown to Revolution / Maison, detik-detik menuju revolusi”
Anggota Kelompok :
1.    Chyka Anggraini Pratiwi
2.    Dirgahayu Syafitri
3.    Muhammad Arief
4.    Oxtia Dilanita
5.    Ruhol Mouzak Raffen





SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SOLOK SELATAN
TAHUN AJARAN 2012/2013






Tokoh – tokoh yang diperankan oleh anggota kelompok 1
·        Muhammad Arief                    : Raja Nasipa
·        Chyka Anggraini Pratiwi         : Ratu Marinae
·        Ruhol Mouzak Raffen             : Perdana Mentri Stepda
·        Oxtia Dilanita                          : Pengawas harta kerajaan, Beti
·        Dirgahayu Syafitri                   : Putri Clovarin

Karakter Tokoh
v Raja Nasipa : Senang berburu, tidak terlalu memedulikan politik                   kerajaan, dan suka memanjakan keluarganya secara                   berlebihan. ( Antagonis )
v Ratu Marinae : Suka berfoya-foya, boros, egois, suka memakai                               perhiasan secara berlebihan. ( Antagonis )
v PM Stepda   : Licik, diktator, bengis, ingin menjadi raja.                                ( Antagonis )
v Beti     : Licik, suka memalsukan dokumen kerajaan demi                   keuntungan pribadi dan perintah Stepda.                          ( Antagonis )
v Clovarin       : Bijaksana, peduli keadaan kerajaan, berani.                           ( Protagonis )










Dialog Drama Kelompok 1 Kelas XI Ilmu Alam 2
“Maison, detik-detik menuju Revolusi”

Pada hari ini, Kerajaan Centang Parenang mengadakan hajatan kenegaraan. Pernikahan Putera Mahkota, Pangeran Nasipa dengan gadis pujaannya, Marinae Anastasia Vereskova, sekaligus penobatan Sang Pangeran menjadi Raja. Marinae adalah putri dari bangsawan termahsyur di kerajaan Cakcaklolok. Segenap rakyat, konsulat negara lain dan selebriti ikut merayakan hari besar ini.
Nasipa : ( Lagu ) Aku sangat bahagia hari ini. Bagaimana denganmu ?
Marinae : ( Lagu ) Aku juga. Lihatlah! Seluruh rakyat turut berbahagia atas hari besar kita ini.
Nasipa : Kado dari rakyat kita sudah menggunung.
Marinae  : ya, aku puas dengan pesta kita ini. Tapi...
Nasipa : Tapi apa ?
Marinae  : Tapi kulinernya itu loh. Siapa sih juru masaknya ?
Nasipa  : Makanan kita tidak enak ya ? Biar aku pecat uru masak istana                   sekarang juga ! Terus aku ganti mereka sama Chef Juna, Farah                        Queen, Chef Vindex, dan Chef papan atas lainnya ! ( Geram )
Marinae   : Jangan ! Maksud aku bukan begitu. Tapi...
Nasipa   : Tapi apa ?
Marinae    : Tapi Semur Jengkolnya enak banget loh ! Kamu suka motong                            pembicaraan orang sih..
Nasipa    : oh, tadi aku pikir apa, maaf ya. Aku janji ga bakal ngulangin lagi.
Marinae    : ( Pasang senyum manis ) Yo’i !


Di hari pernikahan ini, kakak dari Nasipa, Stepda telah mengatur siasat licik guna menghancurkan adiknya itu.
Stepda : Beti ! Beti ! Akh, mana tuh bocah, budeg amat. Beti !
Beti    : ( lagu separuh aku NOAH  ) Ada apa tuan ?
Stepda : Elu dari mana aja ? ( sangar )
Beti    : Abis foto-foto ama NOAH ! WAW ! Mereka keren-keren lho !                      Tau ga ? Gua juga dapet tanda tangannya ! ( histeris )
Stepda : Halo !
Beti    : Hai..
Stepda : Elu tau ga topik yang mau kita omongin ?
Beti    : NOAH jadi tamu di hajatan Negara kita sekarang kan ?
Stepda : BUKAN !! Semur Jengkolnya dapet pujian dari Agnes Monica !
Beti    : Masa sih ? Emangnya Agnes Monica suka Semur Jengkol ?
Stepda : Makanan favoritnya tuh !
Beti    : Perasaan tadi saya liat Agnes Monica makan Sayur Lodeh deh.. 
Stepda : Perasaan elu kali. Kalau Sayur Lodeh dapat pujian dari Obama.
Beti    : Kereeen... ( Takjub )
Stepda : Woy ! Tadi gua mau ngomongin apa ya ?
Beti    : Semur Jengkol sama Sayur Lodeh.
Stepda : Bukan Neng ! Elu inget sms gua semalem ga ?
Beti    : Tunggu bentar ! ( Lihat HP ) Inget donk ! Terus gua harus ngapain ?
Stepda : Kecil aje, begini nih.. ( bisik-bisik )
Beti    : Itu mah kecil. Serahin aja ke gua !

Dalam waktu kurang dari 1 bulan, Stepda menobatkan dirinya sebagai Perdana Menteri. Pemerintahan Stepda sangat semena-mena dan sangat menyengsarakan rakyat Kerajaan Centang Parenang. Ratu Marinae pun juga menggelar pesta kenegaraan yang terlalu mewah secara rutin, yaitu sekali seminggu. Korupsi juga merajalela, biang keroknya adalah PM Stepda dan Beti. Raja Nasipa senang berburu dalam waktu yang relatif panjang dengan bekal yang sangat elit dan biaya yang sangat besar. Selama Raja berburu, kekuasaan diserahkan secara mutlak kepada Stepda. Mendengar hal ini, Putri Clovarin yang sedang kuliah  di Kerajaan Antah Barantah segera pulang ke Kerajaan Centang Parenang.
Clovarin : Assalamu’alaikum, Aku pulang !
( Stepda dan Beti datang )
Stepda : Adek gua ! Kok elu ga pulang pas gua dilantik jadi Perdana Menteri            ?
Clovarin    : Sorry, gua sibuk ! Maklum anak Jurnal.
Beti    : Clovarin ! Apa kabar ? Elu tambah bongsor aja dah.
Clovarin    : Iya Beth. Loh, mana Nasipa sama Marinae ?
Stepda : Nasipa berburu, Marinae shopping.
Clovarin     : Stepda ! Sebagai Perdana Menteri harusnya elu bijaksana ! Bukan                  semena-mena ! Masa sejak elu jadi Perdana Menteri rakyat makin           sengsara ?
Stepda  : Ada Kancil makan tahu
                   Tahunya dilalap ama jambu
                   Eh anak kecil jangan sok tau
                  Kalo ga ngerti jangan belagu
Clovarin   : Ikan bawal
                 Ikan lumba lumba
                 Biarin masih bawel
                 Tapi gua udah ngerti semua
Beti  : maksud lu ?
Clovarin  : Diem lu ! Gua tau akal licik elu ama kakak gua yang satu ini ! Kalian              sekongkolan malsuin dokumen kerajaan dan biang kerok semua                     korupsi di Centang Parenang ini kan ? ( Emosi )
Stepda : Hahaha.. Jadi, Elu udah tau ? Nasipa kaga bakalan nurut ama elu !            Nasipa itu nurutnya ama gua ! Hahaha..
Clovarin  : Hmm.. Suatu saat nanti kejahatan kalian pasti kebongkar ! (lagu insyaf)
Stepda : So what gitu loh ! ( Pergi bersama Beti )
( Marinae datang bersama Nasipa )
Clovarin : Nasipa !
Nasipa : Clovarin ? Kapan nyampenya ? Kok ga ngasih tau ?
Clovarin   : Surprise ! Hmm.. Ada yang mau aku bicarain nih..
Nasipa : Apa ?
Clovarin   : Aku mohon berhenti kasih kepercayaan penuh ke Stepda dan                          Beti lagi ! Dan jangan pernah kasih Marinae izin untuk bikin pesta        gede-gedean lagi !
Nasipa : ( heran ) kenapa ?
Marinae : ( Emosi ) terus, masalah buat lu ? Elu ngiri ? Kasian deh lu ga bisa           tampil se modern gua !
Clovarin : Nasipa ! Stepda, Beti dan Marinae lah penyebab ekonomi                      kerajaan menurun !
( HP Marinae berdering )
Marinae : Halo, ya, saya sendiri, o ya, ya ! Saya harap pesta besok lebih WAW               ! Mengerti ? Semur Jengkol jangan lupa ! Terus jadi ga Kim Hyun          Joong datang ? oke ! Thanks ya !
Clovarin  : Apa ? Kim Hyun Joong mau datang ? Akh, gua mau dandan                semaleman akh, kali aja dia kecantol ! ( pergi )
Nasipa : ( kepikiran kata kata Clovarin tadi ) Marinae ! Jangan pergi dulu !                      Stepda ! Beti ! Kesini !
( Stepda dan Beti datang )
Nasipa : Mengingat dan menimbang mengenai kebijakan kerajaan. Aku harus          mengganti sistem pemerintahan ! Di Kerajaan Kubu Raya, Raja                      diawasi parlemen. Aku juga akan membangun parlemen!
Stephan, Beti : kenapa ?
Marinae : Kemakan omongan Clovarin.
Nasipa : Diam ! Clovarin benar. Kita yang salah ! Aku akan membuat kebijakan              baru !
( Clovarin datang sambil berlari ddan ngos ngosan )
Clovarin : Kamu sudah telat Nasipa ! Lihat akibat perbuatanmu ! Liat keluar !
( Semua orang mengintip dijendela )
Beti : Ra.. ra.. rakyat berontak !!
Marinae : Mereka minta revolusi !! Mampus kita..
Stepda : ( lagu falling down oasis ) Aku harus lari ! ( kabur )
Nasipa : ( terduduk lesu )
Beti, Marinae : ( ketakutan )
Dalam waktu kurang dari setengah jam, Maison ( Istana Raja di Kerajaan Centang Parenang ) dikuasai oleh rakyat. Raja Nasipa, Ratu Marinae, Beti dan Clovarin dipenjarakan dan di eksekusi mati oleh rakyat  hari sesudah penyerbuan itu. Adapun Stepda yang telah berhasil melarikan diri, ditangkap oleh rakyat Centang Parenang di kota Barangin, sebuah kota di Kerajaan Antu Balau, dan dieksekusi mati seketika tiba di kota Isaintu ( ibukota Centang Parenang ).
The End
Terima Kasih, Mudah-Mudahan Bermanfaat,

0 komentar: